Minggu, 19 Oktober 2014

Wisata alam di Jakarta (TUGAS)

Wisata Hutan Mangrove di Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk (PIK)

Ini adalah  pertama kalinya saya ke Pantai Indah Kapuk (PIK), sebuah daerah di utara Jakarta yang lagi rame-ramenya diomongin dan dikunjungin. Kali ini tujuan saya bukan untuk wisata kuliner. Ohya bagi kalian yang mau wisata kuliner di PIK, saya ada sedikit referensi. Tujuan saya ke PIK kali ini adalah nyobain naik kano. Dimana tuh?
Taman Wisata Alam tempatnya! Disini kamu bisa menikmati hutan mangrove atau yang biasa disebut hutan bakau. Buat yang lupa pelajaran SDnya, mangrove adalah pohon yang biasanya ditemui di daerah pantai yang berfungsi sebagai penyerap air dan penahan erosi. Ini pertama kalinya saya melihat langsung mangrove itu seperti apa, biasanya cuma lihat di buku pelajaran. Ternyata di Taman Wisata Alam ini banyak juga korporat yang menyumbang mangrove. Kamu juga bisa nyumbangin sedikit uang kamu buat menanam mangrove disitu.

Selain menikmati keindahan hutan mangrove, kamu juga bisa nyobain naik kano atau perahu. Beda sama di tempat rekreasi biasanya, disini kamu naik perahu atau kanonya sendiri, tanpa didayung mas masnya. Jadi ya lumayan lah buat ngebentuk otot dan ngerasain gimana capeknya jadi mas mas perahu. Cukup dengan ngeluarin duit Rp 50,000 untuk sewa perahu atau kano, kamu bisa naik perahu atau kano yang kamu mau selama 40 menit.



Nggak cuma itu, kalo kamu anaknya alam banget dan nggak bisa banget ngeliat tanah kosong nganggur, yaudah kemah aja disitu. Karena disitu disewain juga tenda perkemahan. Kamu bisa bawa sendiri tenda kamu. Cuma disitu udah disediain juga tenda-tenda super cool yang terbuat dari kayu. Viewnya juga bagus karena langsung menghadap ke hutan mangrove.


Taman Wisata Alam ini ternyata luas banget. Jalan kesanaan dikit dari tempat main kano atau perahu, ada jalan setapak super panjang yang terbuat dari batang kayu. Nah sebaiknya sih kamu nggak pakai flat shoes atau alas kaki bersol tipis karena pengalaman saya sih sakit banget kalau dipake jalan di jalanan setapak ini. Secara batang kayunya nggak begitu rapi penataannya. Di jalanan setapak yang ditutupi dengan pohon yang rimbun, ngingetin saya sama scene di film-film. Disini juga cocok banget kalau mau foto-foto.

Kalau ditelusuri lagi, ternyata ada banyak banget jalan setapak yang super panjang itu. Salah satu jalan yang saya ambil ternyata berujung dengan view yang nggak kalah keren sama view yang di depan. Cuma ya gitu, karena terpencil juga tempatnya, jadinya dijadiin sarang orang pacaran deh. Saya juga nggak bisa lama-lama disitu.
Agak jalan kesana dikit, saya nemuin jalan setapak lainnya. Kali ini jalannya nggak dari batang kayu, tapi dari tanah biasa. Masih ditutupi pepohonan rindang, tapi sayangnya pohonnya nggak begitu banyak. Di tanah juga terdampar banyak sampah. Tapi ya lumayan juga sih buat foto-foto.
Ya begitu lah kunjungan saya ke Taman Wisata Alam. Ternyata oh ternyata, tempat ini udah lumayan eksis di kalangan wedding photographer. Taman Wisata Alam ini udah sering dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding. Makanya pas di pintu masuknya, ada warning gitu. Untuk yang mau foto pre-wedding dikenakan 1 juta Rupiah untuk sewa lokasi. Pas di pintu masuk juga petugasnya nanyain saya, apakah saya bawa kamera atau nggak. Karena yang bawa kamera dengan tujuan foto pre-wedding harus bayar 1 juta itu.
Nah gimana seru nggak? Ini bisa dijadiin tempat alternatif kamu dan pacar kamu buat ngabisin weekend kalian daripada ngemall atau nongkrong di kafe mulu. Selamat mencoba!

Berikut ini Foto Yang saya abadikan ketika saya dan teman-teman berkunjung kesana


Taman Wisata Alam
Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (belakang Pusat Agama Budha Tsu Chi)
Tiket masuk : Rp.25,000/orang

Kendaraan : Rp. 5,000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar